Friday, November 9, 2007

PPIC gilaaaaa (part 1)

Hoahm…
Minggu2 kemaren adalah minggu2 yg melelahkan sekaligus bikin happy!
Baru kerasa deh, nikmatnya semester 5 di teknik industri… sekarang gw jadi lebi tau tentang ilmu2 apa aja siy yg gw pelajari di kuliahan ini… n ternyata… tugas banyak itu malah bikin fun loh!


Soalnya tugas2nya gak biasa n menantang gw: kunjungan ke perusahaan, mikirin gimana caranya bikin model busway yang efisien, bikin maket database byar kayak search engine macam google, n the seruest is…lomba PPIC game, simulasi industri beneran… waw! Pokoknya top abiz dah!

Dimana yak gw mulei crita… hmm… PPIC game aja yah?
PPIC? Apaan tuh? Gitu kommen orang2 ketika gw dengan antusias nyerocos tentang tugas yang satu itu. PPIC tu stands for Production Planning and Inventory Control, artinya sebuah game yang dirancang supaya kita bisa memproduksi sebuah barang dengan jumlah yang optimal supaya keuntungannya optimal juga.. ah..ah.. tambah bingung gak??

Intinya, kite2 angkatan 2005 dibagi dalam 6 kelompok, n bertanding dalam ajang itu untuk memperebutkan…jreng2…apakah itu??? Duit 500 rebu n… dijanjikan dapet nilai A!! (nah, untuk yg terakhir, makanya anak2 pade antusias banget). Kompetisi ini mirip simulasi produksi industri beneran, dimana kita disuruh merakit tamiya dalam waktu 7.5 menit, n kemudian tamiyanya “dibeli” ma customer… nahh, syapa yang paling banyak keuntungannya, kelompok itulah yg menang..

Eits, jangan salah dulu, kita bukannya lomba2an paling banyak ngerakit tamiya loh! Dalam waktu 7.5 menit, kelompok cuma dibolein ngerakit 30 tamiya (maksimal)… nah, yang dilombain disini sebenernya adalah strategi kite, gimana caranya biar jumlah tamiya yg kita rakit sesuai ma jumlah demand (permintaan dr customer), n kita belom tau berapa demandnya pas lomba dimulai…

Trus, gimana cara memperkirakan demand ituh? Untuk itu, kita perlu yg namanya seorang PPIC. Sebenernya, di setiap perusahaan yg nghasilin produk, pasti ada divisi PPICnya. Nah, si PPIC ini yang tugasnya nge-forecast (memperkirakan jumlah demand), tapi gak boleh ngasal (palagi minta bantuan Mama Loren), melainkan pake rumus2 forecast tertentu.. rumus itu..yah adalah, klo lo anak TI juga pasti tau…

Di klompok gw, kan ada 10 orang, yang jadi PPICnya tu Rama, orang yg paling pinter diantara kita smua. Gw kebagian jd Purchasing (tugasnya mesen barang dari supplier), trus ada juga yang jadi suppliernya, sales, ada yang di divisi Gudang Bahan Baku, Gudang Barang Jadi, n juga gak lupa WS-WS yang rajin bekerja… nahh, sebenernya ujung tombak PPIC ini ada pd WS (work station) itu.. coz mereka yang ngerakit tamiyanya. Intinya, kita smua tu bener2 harus kerjasama dalam ngebangun strategi2 yg mumpuni, ceilah..

Selama latian, yang bertempat di kostan Ega (salah satu WS), gw bener2 ngerasa deket ma tim gw, karna mungkin sebelomnya gw gak bgitu deket, skarang jadi makin deket… latian ampe jam setengah dua belas malem udah jd makan malem sehari2, apalagi mendekati hari-H. N gw ngerasa gw jadi makin mengerti sebenernya apa siy yang diajarin dosen ke kita, karna kita bener2 mempraktekkannya..

Lebih serunya lagi, setiap tim wajib bikin yel2! Heboh sih heboh, tapi karna gak ada satupun dari kita yang kreatif, jadi pembuatan lagu diserahin ke Imron (yang langsung ngebuat lirik2 dari lagu dangdut+BBB di terakhirnya), n koreografi diserahin ke Fifi yang ternyata mantep abis bwt bikin koreo dangdut… pas latiannya, lebih gila lagi! Si Ega gak henti2nya bikin gerakan2 yang gokil, ngebuat smuanya sakit perut karna ketawa parah.. sumpah, kita bener2 malu abiz ma ni yel2, tapi smuanya bertekad akan bergaya se”wild” mungkin pas hari-H, byar nilainya bagus.. heheh.

Setelah latian demi latian dijalani, akhirnya tiba juga hari-H kompetisi
... (to be cont'd)

No comments: